RSS
Post Icon

Sejarah Toyota Astra Motor Indonesia


Toyota sendiri semula awalannya menggunakan nama toyoda. tetapi dikarenakan dinilai kurang beruntung dari segi pemasaran serta feng shui, maka nama toyoda yang disebut nama keluarga pendiri diganti jadi toyota, papar ketua museum toyota kuragaike commemorative hall koji matsuura pada wartawan indonesia.
Museum ini adalah di antara museum yang didirikan toyota di jepang. museum ini terdapat di nagoya, jepang serta mulai dibangun pada bln. september 1974 tepatnya waktu produksi toyota meraih 10 juta unit. 

Di dekat lokasi ini, ada tempat tinggal pendiri toyota yaitu kiichiro toyoda.



Histori awal berdirinya TOYOTA

semula toyota ini tidaklah sesuatu perusahaan mobil. sakichi toyoda ( 1867-1930 ) yaitu seorang industrialis pertama jepang. dia adalah di antara penemu mesin tenun.

bapak saya yaitu seorang tukang tenun, namun saya yaitu automobile man, demikian yang ada di benak anak sakichi yaitu kiichiro ( 1894-1952 ).

di jepang pada th. 1920-1930an, mobil-mobil keluaran as layaknya ford serta gm mulai masuk serta merakit mobilnya di jepang. kiichiro toyoda lalu resah serta gelisah dikarenakan belum ada produsen otomotif lokal yang dapat sukses dari segi usaha.

sepulangnya dari eropa serta as, kiichiro toyoda mulai punya mimpi untuk menciptakan sendiri mobil yang diproduksi oleh negeri jepang.

awalilah toyoda serta timnya membangun pabrik serta membongkar mobil-mobil as layaknya mobil chevrolet th. 1933 untuk dipandang bagaimana suku cadangnya. singkat kata toyoda sukses bikin mobil dengan mesin yang lebih kecil.

perjuangan untuk bikin mobil jepang dilanjutkan membangun blok silinder pada juli 1934. serta di bln. september 1935, toyoda lakukan test run mobil mereka.

mobil penumpang pertama yang diproduksi yaitu toyoda model aa sedan yang dirilis bulan september 1936.

sebagian model truk serta mobil yang diproduksi didalam kurun waktu 1935-1947 yaitu :

  • toyoda model g1 truck 1935
  • toyota model gb truck 1938
  • toyoda model g1 truck 1935
  • toyota model gb truck 1938
  • toyota model ae ( shin-nihon-go ) 1939
  • toyopet model sa small passenger car 1947
  • toyota model ae ( shin-nihon-go ) 1939
  • toyopet model sa small passenger car 1947
  • toyopet model sb small truck 1947
  • toyota model bm truck 1947
  • toyopet model sb small truck 1947
  • toyota model bm truck 1947

Mimpi toyoda untuk membangun mobil sendiri pernah terkendala waktu perang dunia ii di 1945. jepang alami kebangkrutan masif dikarenakan kalah perang. perusahaan-perusahaan jepang ramai-ramai menyebutkan kebangkrutan tetapi toyota terus bertahan serta selanjutnya dapat kembali menghasilkan mobil.

tetapi mobil yang sangat memperoleh sorotan yaitu toyopet crown model rs yang lakukan debut perdana pada 1955. mobil ini adalah mobil pertama yang benar-benar diproduksi di jepang.

tersebut toyota, dari awalannya yang cuma mimpi dari kiichiro saat ini sukses jadi produsen terbesar dunia. apalagi ekonomi jepang lalu saat ini bertumpu pada toyota. 


Awal berdirinya Toyota Astra Motor Indonesia

PT Toyota Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan antara lain:
  • PT Multi Astra (pabrik perakitan, didirikan tahun 1973)
  • PT Toyota Mobilindo (pabrik komponen bodi, didirikan tahun 1976)
  • PT Toyota Engine Indonesia (pabrik mesin, didirikan tahun 1982)
dengan nama PT Toyota Astra Motor. Merger ini dilakukan guna menyatukan langkah dan efisiensi dalam menjawab tuntutan akan kualitas serta menghadapi ketatnya persaingan di dunia otomotif.
Selama lebih dari 30 tahun, PT. Toyota-Astra Motor telah memainkan peranan penting dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia serta membuka lapangan pekerjaan termasuk dalam industri pendukungnya. PT. Toyota-Astra Motor telah memiliki pabrik produksi seperti Stamping, Casting, Engine dan Assembly di area industri Sunter, Jakarta. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kemampuan produksi, pada tahun 1998 diresmikan pabrik di Karawang yang menggunakan teknologi terbaru di Indonesia.
Sejak tanggal 15 Juli 2003, TAM direstrukturisasi menjadi 2 perusahaan,yaitu:
  • PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 5% dan TMC menjadi 95%
  • PT. Toyota Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 51% sedangkan TMC 49%

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar